Kesehatan

Mencegah Penuaan Dini Dengan Mengubah Kebiasaan

Hai, Hai Sobat Pengisah siapa nih yang usianya menjelang kepala tiga? Sayaa. Apakah di bagian wajah sudah mulai timbul kerutan atau bagian sekitar mata yang mulai menggelap? Jika ya, berarti tanda-tanda penuaan dini sudah mulai keluar, tuh. Oh tidak?!

Eits, jangan sedih dulu, karena kita bisa kok mencegah terjadinya penuaan dini dengan mengubah yang baik. Enggak perlu pakai krim ini itu bahkan. Emang bisa? Bisa, donk. Tapi khusus untuk yang bisa konsisten aja, ya. Hihihi

Eh, baidewei, apa aja sih tanda-tanda kita mengalami penuaan dini? Ini dia diantaranya:

  • Mulai muncul kerutan khususnya di sekitar mata dan mulut
  • Kulit mulai terasa kendur, kering dan kasar
  • Rambut mudah rontok
  • Jika terjadi luka di bagian kulit, penyembuhannya memakan waktu cukup lama

Umumnya, gejala penuaan ini mulai muncul di usia pertengahan 20. Hayo, coba dicek, deh kulit wajahnya. Sudah ada tanda-tanda penuaan dini, kah? Nah, biasanya gejala ini disebabkan perlakuan kita terhadap tubuh kita sendiri yang salah. Dari makanan yang kita makan hingga cara mencuci muka. Iya, sedikit tindakan kita yang tidak benar dapat membawa efek jangka panjang. Well, kita hanya perlu mengubah sedikit kebiasaan aja, kok. Niscaya tubuh terasa lebih sehat, energik dan lebih muda. Ihirr.

 

Tips Mencegah Penuaan Dini

  1. Minum Air Putih yang Cukup. Minum air putih yang cukup sepanjang hari dapat menjaga tubuh tetap sehat dan awet muda. Kurangnya cairan yang diserap tubuh menyebabkan timbulnya kerutan dan garis halus serta membuat kulit lebih kering dan kusam, lho.
  2. Tidak Begadang. Tidur di kala malam telah larut alias begadang tidak membawa efek baik kepada tubuh, lho. Justru tubuh kita perlu tidur untuk beristirahat. Kurang tidur menyebabkan kerutan di sekitar mata , warna kulit menggelap dan kering. So, usahakan tidak begadang lagi, ya, Sobat.
  3. Memakai Tabir Surya. Ini penting banget ya, Sobat. Karena tabir surya ini dapat menghambat kerutan dan bintik hitam di wajah. Jangan pernah keluar rumah tanpa menggunakan sunscreen atau sunblock sebagai pelindung kulitmu dari sinar matahari, minimal SPF 35-40 lah, ya.
  4. Memakai Krim Retinol. Retinol ini adalah derivatif atau turunan dari vitamin A yang dapat bekerja secara efektif untuk merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. So, retinol ini bermanfaat untuk mencegah tanda penuaan dini, mencerahkan kulit sekitar mata, dan mengecilkan pori-pori. So, jika ingin menggunakan produk anti aging, pilih yang mengandung retinol, ya.
  5. Meningkatkan Asupan Antioksidan. Mengonsumsi buah-buahan maupun sayur-sayuran yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi. Dengan demikian tubuh lebih sehat, bugar dan lebih muda, donk, pastinya.
  6. Jangan Takut Lemak. Jika usia di bawah 20-an amat mengurangi asupan lemak, sebaliknya dengan usia 20 akhir. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak sehat yang cukup dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah serta menjaga kulit terlihat lebih muda. Sel-sel akan sering diperbarui sehingga kulit terlihat lebih bercahaya, muda dan sehat tentunya. So, jangan takut akan lemak, ya.
  7. Prioritaskan Kesehatan Ususmu. Banyak orang kurang memperhatikan hubungan antara kesehatan kulit dengan sistem pencernaan. Faktanya, jika kita ‘membenarkan’ pola makan, meningkatkan pencernaan dengan membuat usus bergerak, pun memulihkan bakteri yang sehat maka kulit membaik secara alami. So, memperbaiki kesehatan usus adalah langkah awal menuju kulit yang sehat dan nampak awet muda.

 

Nah, itu tadi tips untuk mencegah penuaan dini a.k.a membuat kulit terlihat awet muda. Sebenarnya cukup mudah, bukan? Hanya saja, inkonsistensi masih sering merajai diri kita sehingga banyak hal baik terlewatkan. Padahal itu berakibat buruk buat diri kita sendiri, loh. Betul, enggak?

Gimana Sobat Pengisah? Sudah siap mengubah kebiasaan agar terlihat awet muda?

 

*Tulisan ini merupakan kolaborasi blog bersama teman-teman Joeragan Artikel minggu ke-1 bersama Mbak Damar Aisyah yang merupakan salah satu blogger idola saya. Luv. 

 

Sumber referensi:

//www.eatthis.com

//womantalk.com/beauty/articles/kapan-sebaiknya-mulai-pakai-krim-anti-aging-y9Eqy

//www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/manfaat-krim-retinol

 

Ibu dua anak, suka belajar merajut frasa. Senang belajar hal-hal baru. Suka berpetualang, penjelajah dan tak bisa dikekang.

7 Comments

  • Dwi

    Aku pernah baca bukunya siapa ya, heuheu lupa, memang ada hubungan antara kesehatan usus dan kulit wajah. Jadi kulit wajah itu cerminan kondisi usus. Artinya kalau kulit wajah berjerawat bisa jadi ususnya pun kurang baik performanya.

  • hani

    Iyayah…kalau kita makan makanan yang sehat, usus juga sehat, terpancar ke wajah kan ya. Coba kalau perut engga sehat, mah, perut melilit atau sulit bab, nah…apa engga manyun tuh.
    Aku suka tuh alpuket, ini termasuk makanan mengandung lemak yang sehat.

  • Tatiek Purwanti

    Saya udah 37 nih, Mbak. Iyes lah udah mulai nampak penuaan dininya. Makasih udah diingetin untuk jaga kesehatan demi kecantikan kulit.
    Selain yang Mbak sebutkan, saya agak rajin minim yogurt untuk kesehatan usus. Plus supplement kulit juga 🙂

  • Nyknote

    Hihi aq mlh umur mnginjak kepala 5 mba. Tapi aq suka malas membersihkn wajah, tepatnya krg telaten. Mksh deh untuk tips nya menjaga kesehatan untuk kulit yg sehat. Untuk tips no 2 hmpir tiap mlm. Artikel yg keren…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *