Kesehatan

Ibu Menyusui Ingin Berpuasa? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Puasa Nyaman, Bayi pun Aman. No. 5 Saya Baru Tahu, lho!

 

Ramadhan menjelang, bulan yang penuh ampunan dan maghfiroh-Nya. Bulan yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Bulan yang paling istimewa. Persiapan apa saja yang sudah dilakukan, Moms?

Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Namun pada beberapa orang dengan berbagai kondisi bisa mendapatkan keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah kondisi ibu yang masih menyusui bayinya.

Ibu menyusui boleh berpuasa, boleh juga tidak. Tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan bayinya. Namun jika ibu menyusui tidak berpuasa di bulan Ramadhan, tetap harus menggantinya di bulan lain atau dengan membayar fidyah.

5 tips ini bisa membantu ibu menyusui yang ingin tetap fit meski sedang berpuasa:

  1. Pahami benar kondisi ibu dan sang bayi.

Jika yakin sehat dan bisa berpuasa, maka tetap tenang dan percaya dirilah dengan keadaan Anda, Moms. Namun jika Anda merasa kondisi kesehatan belum memungkinkan, maka tidak usah memaksakan ya, Moms.

  1. Makan tiga kali sehari

Ibu menyusui harus tetap makan tiga kali sehari ya, Moms! Ini untuk menjaga energi ibu menyusui dengan tetap memperhatikan nutrisi yang terdapat dalam asupan makanan. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya dengan komposisi 20% lemak, 30% protein dan 50% karbohidrat. Jangan lupa sediakan buah-buahan untuk makanan selingan juga ya, Moms!

  1. Banyak minum air putih

Untuk mencegah dehidrasi saat menjalankan puasa, sebaiknya ibu menyusui banyak meminum air putih. Terutama jika bayinya masih berusia di bawah 6 bulan, karena sang ibu harus menyusui setiap 2-3 jam sekali.

  1. Istirahat yang cukup

Seringkali seorang ibu yang menyusui merasa lemas ketika berpuasa, terutama setelah menyusui bayi. Karenanya sebaiknya Anda perbanyak waktu istirahat. Usahakan tidur siang 30-60 menit setiap hari. Boleh juga minta bantuan suami untuk bergantian menjaga sang bayi agar tetap nyaman.

  1. Minum air nabeez (rendaman kurma)

Selain memperbanyak minum air putih, dianjurkan juga minum air nabeez. Air nabeez adalah air rendaman kurma. Cara membuatnya pun cukup mudah. Siapkan 3 atau 7 butir kurma. Rendam dalam air putih pada gelas tertutup selama kurang lebih 6 jam. Lalu minumlah airnya saat sahur, buah rendamannya boleh juga dimakan. Air nabeez ini berkhasiat menambah energi sehingga ibu menyusui tidak mudah lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Meskipun ibu menyusui mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan, sebaiknya jika ibu dan bayi sehat maka niatkan saja untuk melaksanakan puasa. Yakin dan percaya diri demi menjalankan ibadah istimewa yang hanya datang setahun sekali. Namun tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ya, Moms.

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan tenang, nyaman dan bahagia.

Ibu dua anak, suka belajar merajut frasa. Senang belajar hal-hal baru. Suka berpetualang, penjelajah dan tak bisa dikekang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *